Jajaran Polda Gorontalo menggelar Shalat Gerhana Matahari di Masjid Az Ziqra Polda Gorontalo di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Desmont Harjendro usai Shalat Gerhana Matahari, Kamis mengatakan bahwa salat gerhana matahari dilakukan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Melalui salat tersebut, ia berharap agar Polda Gorontalo diberi keberkahan serta keselamatan dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Salat ini kita lakukan tidak lain agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan harapan Polda Gorontalo mendapat lindungan dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat," ucap nya.

AKBP Desmont menyampaikan, gerhana matahari merupakan fenomena alam yang menunjukkan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

"Untuk itu selaku umat muslim, kita harus memperbanyak doa, zikir dan memohon ampun kepada Allah SWT sebagai hamba yang tidak luput dari kesalahan," beber dia.

Gerhana Matahari hibrid terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari dan tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi sama dengan piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana di suatu tempat tertentu, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya, sedangkan di tempat tertentu lainnya, Matahari seakan-akan tertutupi Bulan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023