Harga daging ayam potong di sejumlah pedagang di pasar Sentral di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo mengalami kenaikan bervariasi menjelang lebaran ketupat yang akan dirayakan pada Sabtu (29/4) nanti.

Salah seorang pedagang, John di Gorontalo, Kamis, mengatakan kenaikan daging ayam potong bervariasi mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000 per kilogram.

"Beberapa waktu lalu harga per kilogram Rp16 ribu untuk pengambilan saya ke pemasok, kini menjadi Rp25.000," ucap dia.

Menurut dia, kenaikan harga yang terjadi setelah Lebaran tersebut, dipengaruhi tingginya permintaan ayam potong menjelang lebaran ketupat yang setiap tahun selalu meriah di daerah tersebut.

Hal serupa diungkapkan pedagang lainnya, Ismet. Menurut dia, kenaikan harga daging ayam potong disebabkan tingginya permintaan warga yang merayakan lebaran ketupat, yang digelar satu pekan setelah Idul Fitri itu.

"Harga ayam tergantung ukuran, ada yang Rp60.000 dan Rp55.000," ucap dia.

Ia menjelaskan, setiap menjelang lebaran ketupat, pembelian daging ayam selalu meningkat, karena warga Gorontalo biasanya menyiapkan beragam menu bagi keluarga atau rekan yang datang ke rumah mereka.

Ismet menambahkan, saat ini dalam satu hari ia menjual hingga 100 ekor ayam, dan jumlah ini diprediksi akan naik pada H-1 lebaran ketupat nanti.
Seorang pedagang memotong daging ayam di pasar Sentral Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (27/4/2023). Harga daging ayam potong di daerah itu mengalami kenaikan mulai Rp5.000 hingga Rp10.000/ekor seiring peningkatan permintaan menjelang Lebaran Ketupat yang akan dirayakan pada Sabtu (29/4) nanti. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023