Houston (ANTARA GORONTALO) - Permintaan minyak dunia tetap kuat dan produsen minyak harus bekerja sama untuk menangani krisis harga minyak menyakitkan, yang terus berfluktuasi sejak 2014. Seorang menteri dari negara penghasil minyak Timur Tengah mendesak ini, Selasa.

"Bisnis ini bersiklus. Kami berada dalam penurunan menyakitkan, tapi pasar akan menyeimbangkan kembali dan permintaan akan meningkat. Saya tetap optimis," Ali Al-Naimi, Menteri Sumber Daya Minyak dan Mineral Saudi, mengatakan di hari kedua konferensi energi IHS CERAWeek, di Houston, Amerika Serikat.

"Kami harus terus bekerja sama dan ... tetap bersama-sama jika kita ingin mencapai tujuan bersama kami memasok energi untuk kemajuan dunia dan umat manusia," katanya.

Menurut menteri, bisnis minyak dan komoditas ini, seperti semua komoditas, mau tidak mau bersiklus. Permintaan naik dan turun. Pasokan naik dan turun. Dan begitu juga harga.

Al-Naimi menyuarakan optimismenya atas permintaan minyak dunia, mengatakan itu tetap kuat.

"Anda bisa berdebat atas persentase kecil penurunan atau kenaikan, tapi pada dasarnya adalah bahwa permintaan dunia, dan mendapat, lebih dari 90 juta barel per hari minyak. Jangka panjang, ini akan meningkat. Jadi saya tidak khawatir tentang permintaan, dan itu sebabnya saya menyambut tambahan pasokan baru, termasuk minyak serpih," katanya.

Adapun posisi Arab Saudi terhadap pasar minyak yang menantang, Al-Naimi mengatakan negaranya belum menyatakan perang terhadap minyak serpih atau produksi dari negara atau perusahaan tertentu. Apa yang negaranya lakukan adalah untuk merespon kondisi pasar yang menantang dan mencari hasil terbaik dalam lingkungan yang sangat kompetitif.

Dalam pandangannya, pasar yang efisien akan menentukan di mana kurva biaya barel marginal berada. Persediaan mungkin diperlukan dengan cepat setelah pasar seimbang dan mengetat.

"Para produsen dari mereka barel biaya tinggi harus menemukan cara untuk menurunkan biaya mereka, meminjam uang tunai atau melikuidasi. Kedengarannya kasar, dan sayangnya itu, tapi itu adalah cara yang paling efisien untuk menyeimbangkan pasar. Pemotongan produksi murah untuk mensubsidi persediaan biaya yang lebih tinggi hanya menunda suatu perhitungan yang tak terelakkan," katanya.

"Apapun bisa kami lakukan untuk membuat siklus penurunan lebih pendek dan kurang ekstrim menguntungkan. Ini termasuk mengupayakan untuk memungkinkan pasar bekerja dengan campur tangan minimal. Kami berharap bahwa kegesitan dan ketanggapan yang ditunjukkan oleh produsen minyak serpih akan terus berlanjut."

Menteri menegaskan bahwa Arab Saudi tetap berkomitmen untuk memenuhi tuntutan pelanggan mereka, berinvestasi dalam jumlah besar untuk mempertahankan kapasitas cadangan vital mereka guna membantu memenuhi permintaan tambahan atau mengatasi gangguan pasokan global jika diperlukan.

"Kami berupaya menstabilkan pasar minyak. Karena itu, kami terus berkomunikasi dengan semua produsen utama dalam upaya mengurangi volatilitas. Kami mencari konsensus dan tetap terbuka untuk bertindak kooperatif. Dan terakhir, kami tetap berkomitmen untuk memasok sebagian besar permintaan energi dunia," katanya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016