Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar sosialisasi Pemilu 2024 kepada pemilih perempuan di Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Ahad.

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Rasyid Patamani pada kegiatan itu mengatakan sosialisasi itu dilakukan pada Kirab Pemilu 2024.

Rasyid menjelaskan tentang perubahan jumlah kursi di DPRD dan daerah pemilihan (Dapil). Jumlah kursi DPRD Kabupaten Gorontalo bertambah dari 35 kursi menjadi 40 kursi. Sedangkan jumlah daerah pemilihannya kini sebanyak enam dapil.

"Dapil satu yakni Kecamatan Limboto dan Limboto barat. Dapil dua Talaga, Talaga Biru, Tilango dan Talaga Jaya," ucap dia.

Daerah pemilihan tiga terdiri atas Kecamatan Batudaa, Batudaa Pantai, Tabongo, Biluhu. Dapil empat yaitu Bongomeme dan Dungaliyo. Dapil lima Kecamatan Tibawa dan Pulubala. Serta Dapil enam itu Boliohuto dan sekitarnya.

Menurut dia, perubahan jumlah kursi dan daerah pemilihan di Kabupaten Gorontalo itu perlu disosialisasikan sehingga masyarakat tidak salah saat menyampaikan suaranya pada pemilihan umum yang akan diikuti oleh 18 partai politik.

Pada pelaksanaan hari ketiga Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Gorontalo, KPU mengarak 18 bendera partai politik peserta pemilu dan sosialisasi di Kecamatan Batudaa, Tabongo, Dungaliyo dan Bongomeme.

Di setiap kecamatan, bendera parpol yang ada diangkut dengan mobil bak terbuka disambut dan dikawal oleh penyelenggara Pemilu di masing-masing kecamatan.

Selanjutnya rombongan Kirab Pemilu 2024 berkeliling ke desa-desa yang ada di tiap kecamatan, sesuai dengan rute yang telah ditentukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Sejumlah warga mengikuti sosialisasi Pemilu 2024 kepada pemilih perempuan di Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Minggu (7/5/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023