Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menyambut kepulangan dua atlet peraih medali di SEA Games 2023 Kamboja yaitu Zelki Ladada dan Silvana Lamanda di Bandara Djalaludin, Kabupaten Gorontalo, Sabtu.

Penyambutan sendiri dipimpin oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Wahyudin Katili.

Dua atlet yang telah mengharumkan nama bangsa itu merupakan binaan Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Dispora Gorontalo. Zelki Ladada meraih medali emas dan perak di cabang sepak takraw, sementara Silvana Lamanda menyumbang medali perunggu dari taekwondo.

"Ini menjadi pembelajaran bagi kita semua bahwa prestasi itu harus melalui pembinaan yang terukur dan terpola prosesnya, by design sejak dini. Kedua atlet ini adalah binaan PPLP yang ditangani sejak dini di bangku SMP," kata Wahyudin Katili.

Zelki dan Silvana merupakan bagian atlet dari PPLP Gorontalo bisa berbicara banyak di tingkat nasional dan internasional. Kedua atlet itu juga sudah membuat bangga Gorontalo dengan menyumbang medali di SEA Games Vietnam.

"Kita tidak bisa melihat hasilnya saja tapi harus belajar dari prosesnya. Ini seharusnya menjadi patron pembinaan olahraga, anggaran akan lebih efektif jika dikucurkan lebih awal saat pembinaan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal," lanjut Wahyudin Katili.

Penjemputan di Bandara Djalaludin dilanjutkan dengan penerimaan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya di rumah jabatan Gubernur Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023