Sebanyak 374 calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 26 Embarkasi Makassar singgah di asrama haji di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Muflih B Fattah mengatakan bahwa jamaah calon haji selama berada di asrama akan menjalani pemeriksaan kesehatan akhir serta menerima paspor, kartu akomodasi, gelang identitas, dan dana untuk biaya hidup.

Ia menjelaskan bahwa tahun ini pelayanan satu atap diterapkan dalam penerimaan jamaah di seluruh asrama haji dan asrama haji antara di Indonesia.

"Penerimaan jemaah haji tahun ini menerapkan one stop service (layanan satu atap), jadi waktu layanan lebih cepat, sehingga jamaah haji kita memiliki banyak waktu untuk istirahat," kata Muflih.

Dia mengatakan bahwa penerimaan jamaah dan layanan satu atap dipusatkan di El-Hajj Convention Centre.

Setelah melalui prosedur penerimaan di fasilitas tersebut, jamaah calon haji langsung diantar ke kamar masing-masing oleh petugas.

Muflih mengatakan bahwa kloter 26 meliputi 367 calon haji asal Kota Gorontalo, dua calon haji asal Kabupaten Gorontalo, dan lima petugas kloter.

Jamaah dalam kloter 26 Embarkasi Makassar dijadwalkan berangkat ke Kota Jeddah, Arab Saudi, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 1126 dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada Minggu (11/6) pukul 17.40 WITA.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023