Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menegaskan semua anak wajib untuk dilindungi oleh seluruh komponen masyarakat, terutama yang ada di wilayah itu. 
itu.


"Anak perlu kita jaga, kita lindungi agar pertumbuhan anak jadi baik," ucap Nelson pada rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 yang mengangkat tema "Anak Terlindungi Indonesia Maju" di Limboto, Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan anak merupakan masa depan bangsa yang harus dijaga dan dilindungi dari berbagai sisi kehidupan, terutama oleh orang tua mereka.

Menurutnya, orang tua harus memantau tumbuh kembang anak, terutama agar masalah stunting di Kabupaten Gorontalo bisa ditekan. Untuk itu ia meminta orang tua meningkatkan kepedulian terhadap anak, memberi perlindungan, serta ruang untuk berkreasi.

"Kita jaga, kita lindungi anak dari berbagai tantangan dengan memberikan perlindungan terhadap kekerasan, kesehatan, itu adalah tugas orang tua," ujar Nelson.

Saat ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo terus melakukan intervensi dalam rangka penekanan stunting melalui kolaborasi hingga tingkat pemerintah desa.

Selain itu dalam hal menekankan angka kekerasan terhadap anak, lanjutnya, Pemkab Gorontalo menyiapkan berbagai program, di samping menyediakan beragam fasilitas anak guna menumbuhkan kebahagiaan dan semangat tumbuh kembangkan anak yang baik.

"Kita terus melakukan edukasi kepada orang tua, sosialisasi pada tingkat sekolah maupun masyarakat, agar anak-anak terlindungi dengan baik sehingga terhindar dari hal - hal yang negatif," ungkap Nelson.

Dalam momentum HAN 2023 tersebut ia berpesan agar seluruh orang tua memberikan perhatian lebih kepada anak-anak agar mereka memiliki masa depan lebih baik ketika dewasa.

"Lindungi anak sejak masih dalam kandungan sampai lahir dan berikan ruang berinovasi serta berkreasi," ucap Bupati Gorontalo

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023