Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo bersama berbagai komunitas dan masyarakat memperingati Hari Hiu Paus internasional di Desa Botubarani Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Aryanto Husain di Bone Bolango, Ahad mengatakan kegiatan itu didukung karena memiliki potensi pariwisata yang dapat lebih dikembangkan.

"Ini menjadi daya tarik bagi pengunjung mancanegara maupun nusantara," ucap Aryanto.

Pada peringatan itu kata dia, diadakan berbagai jenis lomba dan kegiatan seperti aksi bersih pantai, lomba foto hingga lomba mewarnai dan bazar kuliner lokal Gorontalo.

"Yang paling baru mungkin yang belum ada sebelumnya itu gelar produk UMKM kuliner lokal, khususnya yang disediakan oleh masyarakat Desa Botubarani," ujar dia.

Menurut Aryato, hal itu penting karena kegiatan pariwisata harus memberikan manfaat ekonomi, maka masyarakat diminta untuk berjualan dan kemudian melakukan transaksi sehingga bisa mendapatkan manfaat.

"Itu bagian dari pada upaya kita untuk mendorong pariwisata yang bermanfaat untuk sebagai sosial ekonomi dan bagi lingkungan hidup," jelas Aryanto.

Kegiatan itu juga kata dia, merupakan upaya konservasi hiu paus Gorontalo meliputi pelestarian, perlindungan dan pemanfaatan secara terbatas yang bertanggungjawab untuk keberlangsungan hiu paus di wilayah itu.

Aryanto menambahkan, pada peringatan tahun ini, pihaknya menampilkan berbagai testimoni dari pakar-pakat hiu paus internasional dan turis mancanegara yang ada di Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023