Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Budiyanto Sidiki meminta kepada seluruh partai politik (Parpol) bahwa deklarasi Pemilu damai bukan hanya sekadar slogan belaka, tetapi harus benar-benar mewujudkan dalam bentuk komitmen nyata.

Hal tersebut disampaikan Budi usai menghadiri deklarasi Pemilu damai tahun 2024 Provinsi Gorontalo di Ballroom Grand Q Hotel, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu.

"Deklarasi pemilu damai ini dimaksudkan untuk mengajak partai politik, pasangan calon, masa pendukung calon, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan seluruh elemen masyarakat untuk berkomitmen dalam menjaga pelaksanaan berjalan lancar, damai, dan kondusif," ucap Budi.

Pemilihan umum tahun 2024 menurut dia, merupakan hajatan demokrasi terbesar yang akan digelar tanggal 14 Februari 2024. Semua pihak berharap agar Pemilu berjalan damai, lancar, aman, dan terpilih pemimpin yang amanah.

Pelaksanaan ini harus dilandasi semangat bersama-sama dalam mewujudkan pemilu damai, langsung umum bebas dan rahasia, jujur dan adil.

Sekda mengungkapkan bahwa menghadapi Pemilu bukanlah hal yang mudah, sebab menentukan masa depan bangsa dan negara dengan melibatkan elemen dalam jumlah banyak. 

Ia juga menekankan bahwa pesta demokrasi akbar tersebut harus dijadikan sebagai momentum untuk memperkokoh persatuan bangsa dan negara.

"Hari ini kita bersepakat melalui deklarasi pemilu damai, harapan kami agar seluruh elemen baik pemerintah, masyarakat dan penyelenggara dapat berkomitmen untuk melaksanakan deklarasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Budiyanto.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Gorontalo penjabat Sekda menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Polda Gorontalo yang telah melaksanakan kegiatan kegiatan deklarasi itu.

Deklarasi tersebut turut dihadiri Kapolda Gorontalo, Ketua DPRD, Ketua Bawaslu dan KPU, ketua FKUB, Ketua PWI, perwakilan unsur Forkopimda lainnya, serta pimpinan partai politik.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023