Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo mendukung pengalihan status sekolah Taman Kanak Kanak dari swasta menjadi negeri.

Anggota Komisi III DPRD Gorontalo Utara Wisye Pangemanan di Gorontalo, Jumat, mengatakan baru saja dua sekolah TK swasta di daerah itu beralih status menjadi sekolah negeri.

Itu artinya, sesuai data pihak Dinas Pendidikan setempat, jumlah TK negeri tersebar di 11 kecamatan telah bertambah dari 55 menjadi 57 TK negeri.

"Ini perlu didukung dalam upaya pemerintah daerah meningkatkan kualitas sekolah di jenjang Taman Kanak Kanak untuk menjadi lebih baik dari beragam sisi khususnya pengelolaan," kata Wisye.

Ia selaku anggota DPRD berharap seluruh TK swasta yang bukan dikelola oleh yayasan atau swasta murni dapat segera beralih status menjadi negeri sebab akan sangat menguntungkan dalam peningkatan kualitas sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara Irwan Abudi Usman mengatakan peralihan TK swasta menjadi negeri memiliki banyak keuntungan sebab sebagian TK swasta di daerah itu lahir dari pengelolaan pihak LPM maupun LKMD yang sumber pembiayaannya berasal dari anggaran pemerintah desa.

Peralihan status menjadi negeri tentu menguntungkan dari sisi sistem manajerial, baik pengelolaan, pembiayaan, dan tenaga pendidik yang dapat lebih tertata.

Di sisi lain kata Irwan, pengalihan TK swasta menjadi negeri memberi peluang bagi para tenaga pendidik untuk mengikuti rekrutmen sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Kita berupaya agar seluruh TK swasta yang bukan dikelola oleh pihak yayasan agar segera beralih menjadi sekolah negeri," ujarnya.*

 
Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara Irwan Abudi Usman terkait pengalihan status TK swasta menjadi negeri. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023