Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo dan Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan bantuan air bersih di tiga kecamatan yang terdampak kekeringan di kabupaten setempat.
 
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bone Bolango Achryl Babyonggo di Gorontalo, Ahad, mengatakan tiga kecamatan yang diberikan bantuan air bersih, yaitu Kecamatan Suwawa, Suwawa Selatan dan Kabila Bone.
 
 
 
"Pada hari ini kita mendistribusikan 10 ribu liter air bersih bagi warga yang membutuhkan di tiga kecamatan tersebut," ucap Achryl.
 
Ia menjelaskan BPBD Kabupaten Bone Bolango akan terus menyalurkan air bersih kepada warga terdampak kekeringan, hingga musim kering berganti.
 
Achryl menjelaskan pada tahun ini, delapan kecamatan terdampak kekeringan, yaitu Kecamatan Tilongkabila, Botupingge, Bulango utara, Bulango Timur, Suwawa Selatan, Suwawa Tengah, Kabila Bone, dan Suwawa Induk.
 
 
 
Achryl mengungkapkan musim kering yang sudah terjadi kurang lebih lima bulan tersebut, berdampak pada 6.947 jiwa yang tersebar di 15 desa.
 
Pada musim kering ini, ia meminta agar masyarakat menggunakan air secara bijak, asehingga kebutuhan dasar sehari-hari tetap terpenuhi.
 
Ia mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah, untuk mencegah kebakaran, karena banyak lahan yang kering dan angin yang bertiup kencang, sehingga dapat menyebabkan api cepat membesar.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023