Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu meresmikan Rumah Sakit Tolinggula Melayani yang berada di wilayah perbatasan bagian barat Kabupaten Gorontalo Utara dengan wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.
 
"Saya meresmikan rumah sakit yang diberi nama Rumah Sakit Tolinggula Melayani (RSTM) ini sebagai tanda telah resmi beroperasi. Termasuk telah menunjuk sosok yang akan menjadi direktur rumah sakit," kata Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu di Gorontalo, Senin.
 
Ia mengatakan peresmian RSTM menjadi momentum bagi daerah khususnya Kecamatan Tolinggula yang berada di wilayah perbatasan sebab telah memiliki Rumah Sakit Umum Daerah.
 
Bupati mengatakan pemerintah daerah berharap Kecamatan Tolinggula yang berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, akan menjelma sebagai wilayah perbatasan yang memiliki kekuatan baru dalam pelayanan kesehatan yang diandalkan daerah.
 
"Kalau warga Buol Sulawesi Tengah harus menempuh perjalanan hingga sekitar 16 jam ke Kota Palu untuk mendapatkan layanan kesehatan. Namun ke RSTM Tolinggula dengan jarak tempuh sekitar tiga jam sudah dapat mengakses layanan kesehatan memadai. Tentu menjadi peluang ekonomi baru, kebudayaan dan sosial bagi daerah ini," kata Bupati Thariq.
 
RSTM pun diyakini menjadi prospek pengembangan wilayah perbatasan mengandalkan sektor kesehatan.
 
"Olehnya keberhasilan pembangunan RSTM merupakan kerja keras, sinergi, kolaborasi dari seluruh unsur baik pemerintah pusat, provinsi, daerah dan dunia usaha yang memberi kontribusi besar terhadap pembangunan rumah sakit daerah. Saya sangat mengapresiasi kerja sama tersebut," katanya.
 
Bupati Thariq meminta kepada Tim Anggaran Pimpinan Daerah (TAPD) yang dipimpin Sekretaris Daerah Suleman Lakoro untuk mengalokasikan anggaran memadai di Tahun Anggaran 2024 dalam upaya optimalisasi layanan di RSTM.
 
Disamping memperjuangkan alokasi anggaran dari pemerintah pusat. Ia berharap RSTM yang telah berwujud sebagai salah satu bangunan paling megah di Kecamatan Tolinggula dapat dimanfaatkan dengan baik.
 
Termasuk melakukan perencanaan secara bertahap pada layanan kesehatan mulai dari skema minimum, medium hingga maksimum.
 
"Keberadaan direktur, para dokter, tenaga medis dan dukungan dari pihak Puskesmas yang ada, ditunjang beberapa fasilitas, sangat diharapkan secara bertahap akan mewujudkan standar pelayanan maksimum kepada masyarakat di wilayah perbatasan dan sekitarnya," katanya pula.
 
Peresmian RSTM dihadiri Sekretaris Daerah, anggota Komisi III DPRD Gorontalo Utara, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan organisasi perangkat daerah, camat, kepala desa dan kepala Puskesmas, Kepala BPJS Kesehatan Provinsi Gorontalo, dan Kepala Dinas Kesehatan setempat.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023