Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Matran Lasunte mendorong pengembangan wisata kepulauan di daerah itu.

"Kita memiliki kekayaan alam untuk mendukung pariwisata daerah ini agar lebih maju," kata Matran di Gorontalo, Senin.

DPRD kata dia, akan terus mendorong kinerja pemerintah daerah agar pengembangan desa wisata dilakukan khususnya di Kepulauan Ponelo.

"Sebuah kecamatan kepulauan satu-satunya di daerah ini yang memiliki potensi pariwisata bahari sangat besar," kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara tersebut.

Matran menyebut empat desa wisata di Kecamatan Ponelo Kepulauan akan mendorong perekonomian di kabupaten.

Ia mengatakan hal itu saat menghadiri kegiatan Ponelo Fest dalam upaya mempromosikan pariwisata bahari di di Ponelo Kepulauan.

DPRD berharap kata dia, jika terdapat permasalahan yang menghambat perkembangan pariwisata Kepulauan Ponelo agar dapat diatasi.

"Keprihatinan akan banyaknya permasalahan yang menghambat perkembangan pariwisata termasuk di Kepulauan Ponelo, agar dapat diatasi dengan baik," katanya.

Menurutnya, pengembangan desa maupun kecamatan wisata memiliki tujuan menjadikan desa sebagai sebuah destinasi pariwisata dengan cara memadukan daya tarik wisata alam, budaya, layanan fasilitas umum dengan pariwisata.

Matran mengatakan pula, potensi pariwisata Kecamatan Ponelo Kepulauan amatlah besar, apalagi berdekatan dengan berbagai objek wisata populer seperti Pulau Saronde.

"Aksesibilitas jalan atau transportasi menuju berbagai desa wisata termasuk di Kepulauan Ponelo diharapkan merata agar dapat menarik minat kunjungan wisata di daerah kepulauan ini," katanya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023