Plt Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli menyebut penggunaan kanal Quick Respons Indonesian Standard (QRIS) memudahkan pembayaran digital masyarakat Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Ia mengatakan, pada tahun 2024 nanti terdapat beberapa program kelanjutan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Bone Bolango seperti QRIS Masuk Desa, QRIS Masuk BLUD, dan QRIS Goes to School.

"Ini tentu butuh dukungan dari Bank SulutGo selaku Rekening Kas Umum Daerah dan Bank Indonesia," ucap Bupati di Bone Bolango, Kamis.

Hal itu dilakukan untuk memastikan seluruh jenis kanal pembayaran pajak retribusi yang umum berlaku saat ini dapat disediakan penggunaannya, serta kolaborasi untuk sosialisasi dan literasi sehingga masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak retribusi melalui Tokopedia, Traveloka, dan beragam kanal lainnya," ungkap Merlan.

Ia berharap dengan cara tersebut peningkatan layanan dan kemudahan pembayaran di Kabupaten Bone Bolango dapat tercipta, lahirnya kalangan yang cakap digital sebagai bagian terwujudnya tata kelola pemerintah digital di Kabupaten Bone Bolango. 

"Pada tahun 2024 nanti saya harap penggunaan QRIS bisa menjangkau hingga ke tingkat sekolah," ucap Merlan.

Ia mengatakan jika Kabupaten Bone Bolango meraih penghargaan terbaik I sebagai Pejuang Quick Response Code Indonesian Standard Gorontalo (Paris Go) Award 2023 Kategori Pemerintah Daerah dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada mitra Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo dalam mendorong akseptasi Quick Response Code Indonesian Standard di wilayah Provinsi Gorontalo.

Selain itu juga Pemerintah Kabupaten Bone Bolango meraih kabupaten terbaik 1 Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) se-Regional Sulawesi tahun 2023 dalam hal Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah yang dirilis Menkoperekonomian RI.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma di Gorontalo, Rabu mengatakan Pemkab Bone Bolango telah menjalankan beberapa program kerja yang selaras dengan hasil Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) tahun 2023.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023