Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Provinsi Gorontalo menyiapkan warga di daerah itu menjadi sumber daya manusia (SDM) kompeten dan siap terjun di dunia kerja.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Jumat, mengatakan salah satu upaya adalah melaksanakan berbagai pelatihan kepada calon tenaga kerja.

"Melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kami menggelar berupa pelatihan pembuatan kue dan roti," ucap Nelson Pomalingo.

Kegiatan tersebut, kata Nelson, dilakukan dalam rangka mewujudkan pelatihan berbasis kompetensi bagi masyarakat produktif di Kabupaten Gorontalo yang berlangsung selama dua pekan di UPTD BLK Kelurahan Tilihuwa  Kecamatan Limboto.

Menurut Nelson, sumber daya alam yang tersedia harus dikelola dengan baik dan benar. Ia menyebutkan banyak peluang kerja yang belum dikelola dengan maksimal. Oleh karena itu yang perlu dan harus dibenahi adalah SDM.

"Salah satunya pelatihan-pelatihan kompetensi yang terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo," ujar dia.

Ia menjelaskan mungkin banyak yang punya semangat membuat kue dan sebagainya, banyak yang memiliki keinginan berusaha tapi tidak memiliki modal usaha. Sehingga melalui pelatihan tersebut pihaknya juga memberikan modal usaha.

Ia berharap Dinas Nakertrans untuk membenahi fasilitas yang ada di Balai Latihan Kerja karena merupakan tempat pelatihan pengembangan SDM.

Sementara itu, Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Gorontalo Kisman Ishak menambahkan, kegiatan itu diikuti 40 orang yang berasal dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Limboto dan Pulubala.

"Ini adalah upaya Pemkab Gorontalo dalam dorong tenaga kerja berkompeten siap terjun di dunia kerja," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023