Warga di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo diimbau untuk kembali mengenakan masker saat berada maupun beraktivitas di kerumunan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo  Anang S. Otoluwa di Gorontalo, Senin, mengatakan penggunaan masker di tempat-tempat keramaian bukan hanya sekadar mencegah lonjakan COVID-19, namun dipastikan berdampak positif bagi kesehatan tubuh manusia.

"Selain COVID-19, masker juga dapat melindungi tubuh kita dari paparan virus maupun penyakit lain, terlebih saat beraktivitas di luar rumah atau berada kerumunan," kata  Anang.

Seperti diketahui saat ini pemberitaan hingga informasi terkait mulai terjadi peningkatan kasus COVID-19 di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia serta negara di bagian Asia Tenggara lainnya mulai marak.

Ia mengatakan, jika melihat grafik perkembangan di Indonesia, memang belum ditemukan tanda kenaikan yang signifikan terkait kasus COVID-19, setelah kemarin di pertengahan tahun dikabarkan sempat melonjak.

Untuk itu hingga saat ini semua pihak termasuk masyarakat khususnya yang ada di Provinsi Gorontalo, diminta terus waspada dengan menerapkan pola hidup sehat.

Di antaranya menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Kami berharap penggunaan masker di tempat umum kembali diterapkan. Ini merupakan langkah pencegahan dini agar tidak terjadi lonjakan kasus di Gorontalo," kata Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo tersebut.

Beberapa hal penting lainnya yang perlu dilakukan kata dia, yaitu meningkatkan status imunisasi khususnya COVID-19, dengan melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan atau seluruh puskesmas yang ada di masing-masing wilayah.

"Memang statusnya sudah berubah dari pandemi menjadi endemik, akan tetapi belum betul-betul habis, dan kita harus selalu waspada," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako/Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023