Sebanyak 24 perusahaan membuka job fair atau bursa kerja di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, di Gorontalo, Kamis, mengatakan bursa kerja merupakan salah satu kegiatan yang sangat diharapkan.

Karena menurutnya kegiatan itu dapat memberi informasi lowongan kerja. Terlebih, informasi lowongan kerja di Gorontalo dianggap masih sangat kecil tersampaikan ke publik. Penyebabnya Provinsi Gorontalo tidak punya sistem informasi pasar kerja begitupun di kabupaten/kota, yang ada hanya KarirHub yang ada di website Kemenaker RI.

"Di website KarirHub itu ada peluang informasi lowongan kerja di Indonesia bahkan sampai keluar negeri. Teman- teman yang masih mengurus AK1 atau kartu kuning, saat ini sudah berubah menjadi kartu ketenagakerjaan digital," ujar dia.

Jadi untuk lulusan SMK yang misalnya sudah buat akun di siap kerja punya kemenaker.go.id, bisa memilih lowongan kerja yang diinginkan, tidak hanya di 24 perusahaan yang hadir saat ini.

Selanjutnya Staf Ahli Bidang Sosial, Politik dan Kebijakan Publik Kementerian Ketenagakerjaan itu mengatakan, terkait lowongan pekerjaan di Gorontalo yang minim informasi, pihaknya berharap setiap lowongan yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan di dunia industri wajib melapor ke Dinas Nakertrans Provinsi Gorontalo setiap tahunnya.

Menurutnya, dengan adanya laporan lowongan seperti ini akan mempermudah pihak sekolah menyiapkan alumni.

"Karena yang jadi masalah sekarang ketika sudah lulus, anak-anak ini belum tau mau kerja apa. Mereka tidak tau jurusannya punya lowongan atau tidak. Bisa juga sekolah mengundang perusahaan ke sekolah untuk sosialisasi atau jalin kerja sama," kata dia lagi.

Sebanyak 24 perusahaan yang membuka lowongan pada job fair di SMKN 2 Kota Gorontalo adalah Mitra ESP Group, UKM Yullia, PT Saronde Mulio, Hotel El Madinah, Kawan Lama Group, Wardah, AA Konveksi, Nadia Karawo, Amanah Digital Print dan Titi Food. Selanjutnya ada Alfamart, Hotel UTC Damhil, Gembira Houseware, Yuliah Hotel, Kingdom Foodcourt, Eatwell Culinary dan Indomaret. 

Ada pula BC Lux Salon, Aston Gorontalo, You Hotel, Bank Desain, Grand-Q Hotel, Gramedia dan Adilla Cakes and Cookies.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023