Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menggelar apel pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Otanaha Tahun 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024, di lapangan Mapolres, Kamis.

Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Kompol Lesman Katili mengatakan pengamanan Natal dan Tahun Baru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

Wakapolres mengatakan sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo bahwa Natal dan Tahun Baru ini telah menjadi rutinitas tetapi apapun itu, tetap harus direncanakan dan dipersiapkan utamanya berkaitan dengan transportasi distribusi bahan pokok, serta menjaga keamanan lingkungan.

Untuk stok bahan pokok menjadi perhatian utama mengingat momentum Natal dan Tahun Baru telah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia yang berdampak terhadap meningkatnya pergerakan ekonomi masyarakat.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan RI bahwa potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di perkirakan mencapai 107,63 juta orang meningkat sebesar 143,65 persen atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu perayaan Natal dan Tahun Baru di tahun ini, juga bertepatan dengan masa tahapan kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu kata Wakapolres dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri didukung TNI, pemerintah daerah, mitra kamtibmas dan pemangku kepentingan terkait.

Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023 akan berlangsung selama 12 hari mulai dari tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, dengan melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI dan Polri serta serta pemangku kepentingan terkait lainnya yang di tempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Khusus pada pengamanan di wilayah lokal dan jalur menuju objek wisata diatur mencegah kemacetan, menyiapkan area parkir memadai, pengaturan jalur keluar-masuk kendaraan dan pengaturan lokasi pedagang agar masyarakat dapat berwisata dengan nyaman.

Polres Gorontalo Utara pun memperkuat pengamanan wilayah perbatasan. Termasuk menyiapkan pos pengamanan dan pos pelayanan di pusat ibu kota kabupaten.

"Kita tingkatkan sinergi dalam pengamanan tahun ini," katanya.

Ia berharap perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah pesisir Utara Provinsi Gorontalo tersebut dapat berlangsung aman dan lancar.

Apel dihadiri para pejabat Polres, pemerintah daerah, Danramil Kwandang, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Basarnas Pos Gorontalo Utara.***
Polres Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo menggelar apel pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Otanaha Tahun 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024, di lapangan Mapolres, Kamis (21/12). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023