Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo melalui Dinas Sosial setempat mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) El-Nino kepada 2.693 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak musim kemarau.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Ahad, mengatakan penyaluran bantuan itu diawali di Desa Yosenegoro dan Desa Ombulo, Kecamatan Limboto Barat.

"BLT kepada masyarakat diberikan sebagai wujud komitmen pemerintah dalam memberikan inisiatif membantu daya beli masyarakat yang terdampak kenaikan harga akibat kekeringan atau musim kemarau," ucap Nelson Pomalingo.

Ia berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dalam rangka memenuhi kebutuhan saat musim kemarau.

"Bantuan ini diberikan untuk mengatasi daya beli akibat panas berkepanjangan yang mengakibatkan kenaikan harga kebutuhan pokok," kata dia lagi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo Syamsul Baharudin mengatakan BLT yang saat ini mulai disalurkan untuk dua bulan, yaitu bulan November dan Desember. Penerima BLT adalah keluarga penerima manfaat yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI.

Jumlah penerima bantuan langsung tunai (BLT) akibat musim kemarau panjang tahun 2023 di Kabupaten Gorontalo yaitu 42.415 kepala keluarga.

"Masing-masing KPM menerima Rp200 ribu per bulan sehingga dua bulan totalnya Rp400 ribu. Khusus Limboto Barat 2.693 KK antara lain, Desa Ombulo 359 KK dan Desa Yosonegoro 163 KK.

Syamsul menambahkan bahwa penyaluran bantuan langsung tunai El-Nino dilakukan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT Pos Indonesia.*

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023