Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino kepada 300 warga di Desa Dutohe, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Plt Bupati Bone Bolango Merlan Uloli di Gorontalo, Kamis, mengatakan BLT tersebut diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui PT Pos Indonesia.

"Kita berkumpul di sini dalam rangka menerima BLT fenomena El Nino atau bantuan dampak kekeringan," ucap Merlan Uloli.

Ia menjelaskan, total ada 1.752 warga Kabupaten Bone Bolango yang tersebar di 18 kecamatan menerima bantuan itu.

"Penerimanya ini sudah ditentukan dari pusat, bukan pemerintah daerah yang memilih. Makanya bapak dan ibu yang ada di sini patut bersyukur, karena namanya keluar sebagai penerima BLT ini," ujar Merlan.

Kepada para penerima, Bupati berharap agar bantuan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan keluarga, karena pemerintah memberikan bantuan untuk menolong masyarakat dan rakyat.

"Pemerintah tidak ingin ada rakyatnya yang kelaparan. Memang jumlah bantuan ini tidak mencukupi untuk membeli keperluan dapur, tetapi paling tidak dengan bantuan yang diberikan pemerintah ini bisa meringankan dan membantu kesulitan-kesulitan kita, sehingga manfaatkan dana bantuan ini untuk membeli kebutuhan yang prioritas," kata Merlan.

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone Bolango Fredy Lasut menyebutkan jumlah penerima BLT El Nino di Kecamatan Kabila sebanyak 600 warga. Bantuan bagi 300 warga lainnya sudah diserahkan pada pekan lalu.

Masing-masing KPM akan menerima setiap bulan sebesar Rp200 ribu dan saat ini menerima BLT untuk dua bulan.

"Jadi total yang akan diterima oleh setiap KPM sebesar Rp400 ribu untuk periode bulan November dan Desember 2023. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk bisa mengurangi pemenuhan kebutuhan dasar bapak ibu sekalian," kata Fredy.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023