Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo resmi menuntaskan tahapan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024.

"Alhamdulillah tahapan sortir dan lipat suara ini telah tuntas. Kita selesai lebih awal dari jadwal yang ditetapkan karena memang surat suara untuk daerah ini lebih sedikit dibanding daerah lain atau sejumlah 471.525 surat suara melibatkan petugas penyortiran dan pelipatan sebanyak 130 orang," kata Ketua KPU Gorontalo Utara Munawir Ismail di Gorontalo, Rabu.

Pihaknya hanya memerlukan waktu lima hari dalam tahapan tersebut atau rampung pada 8 Januari 2024 dengan pengawasan ketat pihak Bawaslu dan kepolisian setempat.

Ia mengatakan total surat suara yang telah disortir dan dilipat sebanyak 471.525 sudah termasuk dua persen tambahan, dan yang dinyatakan rusak sebanyak 1.820 surat suara.

Kerusakan surat suara kata Munawir, seperti lembaran yang tercetak hanya sepenggal atau sebagian saja sehingga otomatis tidak bisa terpakai, ada yang sobek dan kotor karena tinta.

"Kita segera konsultasikan terkait surat suara yang rusak tersebut. Hari ini (Rabu) segera kita pleno-kan untuk mempercepat permintaan penggantian surat suara yang dinyatakan rusak," katanya.

Ia mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kinerja 130 orang petugas penyortiran dan pelipatan yang telah melaksanakan tahapan tersebut dengan baik.

"Mereka bekerja optimal sesuai SOP dengan pengawasan ketat dari pihak Bawaslu dan Kepolisian. Kita memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada 130 petugas tersebut," kata Munawir.

Selanjutnya untuk penyortiran dan pelipatan surat suara pengganti yang rusak, pihaknya kemungkinan akan menggunakan petugas dari internal KPU.

"Hanya seribuan jumlah surat suara yang rusak. Namun kami masih akan membahas-nya apakah kembali merekrut petugas eksternal atau sortir dan pelipatan surat suara pengganti akan dilakukan oleh petugas internal. Tentu tahapan tersebut tetap diawasi ketat oleh pihak Bawaslu dan Kepolisian," katanya.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024