Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo, meraih nilai 86,40 dalam penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 atau paling tinggi se-Provinsi Gorontalo yang diberikan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Gorontalo.
Pjs Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Gorontalo Wahiyudin Mamonto di Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Selasa, mengatakan dengan nilai itu Kabupaten Boalemo meraih zona hijau dengan opini kualitas tinggi.
 
"Upaya perbaikan pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah kabupaten Boalemo terlihat dari peningkatan hasil penilaian pada setiap unit penyelenggaraan pelayanan publik," ucap Wahiyudin.
 
Terdapat lima unit layanan yang nilai akhirnya masuk pada zona hijau kualitas tertinggi yakni Dinas Sosial Kabupaten Boalemo, Dinas Kesehatan, Puskesmas Tilamuta, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boalemo.
 
Kabupaten Boalemo merupakan salah satu kabupaten yang sudah dinilai Ombudsman sejak awal. Hasil yang diperoleh pun juga tidak langsung bagus. Pada tiga tahun pertama penilaian, hasil yang diperoleh masih belum cukup baik dengan berada pada zona merah penilaian.
 
Kemudian terus meningkat hingga pada tahun 2022 sebelumnya berada pada angka 76.31 atau zona kuning penilaian. Hasil yang diperoleh pada penilaian tahun 2023 menjadi sejarah, karena pertama kali sejak awal dinilai, Kabupaten Boalemo masuk ke dalam zona hijau.
 
"Pemerintah Kabupaten Boalemo memperoleh predikat penilaian zona hijau dengan angka 86.40. Ini tentu saja merupakan buah upaya dari seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Boalemo, khususnya tujuh instansi yang dinilai Ombudsman tahun 2023," kata dia.
 
Apresiasi kepada unit yang memperoleh zona hijau perlu diberikan dan menjadi perhatian bagi pemerintah daerah. Dukungan-dukungan anggaran serta hal lain diharapkan dapat menjadi semangat dan dorongan untuk terus dapat berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang ada pada unit pelayanannya.
 
Penjabat Bupati Boalemo Sherman Moridu yang menerima langsung piagam penghargaan itu mengaku capaian tersebut merupakan buah dari perjuangan dengan melakukan berbagai perbaikan pelayanan publik di Boalemo.


"Alhamdulillah kita sudah berada di zona hijau," kata Sherman.
Penjabat Bupati Boalemo Sherman Moridu (kedua kanan) disaksikan Plt Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Gorontalo Wahiyudin Mamonto (kanan) menyerahkan piagam penghargaan  hasil evaluasi penilaian penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 di Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024