Kapolres Gorontalo Utara AKBP Andik Gunawan mengatakan bahwa wilayah pesisir utara Provinsi Gorontalo saat ini aman dan kondusif menjelang hari pemungutan suara Pemilihan Umum  14 Februari 2024.

"Situasi politik di kabupaten ini tergolong aman dan kondusif," kata Andik di Gorontalo, Jumat.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan personel untuk pengamanan distribusi logistik hingga tiba di lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Sebanyak 328 personel ditambah 60 personel BKO Polda Gorontalo.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu di kabupaten ini, baik menyangkut pengamanan distribusi logistik maupun di hari pemungutan hingga penghitungan suara nanti," kata Kapolres.

Ia mengatakan telah mengingatkan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk memperhatikan dan memikirkan pendistribusian logistik, khusus daerah-daerah rawan, agar dapat dikoordinasikan dengan optimal untuk mengantisipasi hambatan yang ditemui di lapangan.

Termasuk memperhatikan cuaca ekstrem yang potensial terjadi ketika pendistribusian logistik pemilu dilakukan. Seperti distribusi di daerah rawan bencana alam dan daerah kepulauan.

"Kita mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Armada pengangkut harus disiagakan minimal sehari sebelum distribusi dilakukan," katanya.

Ketua KPU Gorontalo Utara Sofyan Jakfar mengatakan pihaknya berusaha agar kotak suara mulai bergeser dari gudang logistik KPU ke desa-desa dengan secepatnya, dan tidak berlama-lama di kecamatan.

Pihaknya merencanakan pada tanggal 12 Februari 2024, distribusi logistik mulai dilakukan untuk Wilayah kecamatan terjauh seperti Kecamatan Tolinggula, Biau, Sumalata, Sumalata Timur dan Atinggola.

"Kami bermohon kepada Kapolres untuk menyiapkan pengawalan ekstra pada proses distribusi logistik. Khususnya distribusi yang akan menyeberang laut seperti Pulau Dudepo Kecamatan Anggrek dan Kecamatan Ponelo Kepulauan," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024