Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo melakukan penyegelan kotak suara Pemilu 2024 sebelum didistribusikan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Roy Hamrain mengatakan sebanyak 6.025 kotak suara telah disegel dan akan segera didistribusikan ke 1.205 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah itu.

"Yang pertama kotak suara untuk Presiden dan Wakil Presiden, untuk DPD RI, DPR RI kemudian DPRD provinsi dan kabupaten kota," ucap Roy.

Ia mengatakan, logistik Pemilu 2024 akan didistribusikan mulai  tanggal 12 Februari untuk daerah terjauh.

"Ada beberapa kecamatan yang distribusinya ke desa yang dimana perlu waktu yang maksimal," kata Ketua KPU Kabupaten Gorontalo.

Roy mengungkapkan, sebagian besar distribusi logistik Pemilu 2024 akan langsung ke desa, supaya dalam rangka pengangkutan dipastikan aman langsung ke Panitia Pemungutan Suara atau ke desa.

"Kemudian tanggal 13 PPS akan distribusi ke masing-masing TPS," ucap dia.

Untuk lokasi yang cukup sulit untuk dijangkau pada distribusi logistik, kata Roy, yaitu di wilayah Dulamayo, karena kendaraan besar tidak dapat masuk hingga ke desa-desa sehingga harus menggunakan ojek khusus.

Roy turut mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dan pihak keamanan yang telah mendukung kegiatan KPU dalam rangka suksesnya Pemilu tahun 2024.

Kegiatan penyegelan tersebut dihadiri oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Kapolres Gorontalo AKBP Deddy Herman, unsur TNI, Bawaslu, PPS dan PPK.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil
Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024