Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Sofyan Jakfar mengajak masyarakat di daerah itu untuk bersama-sama mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 yang damai, aman dan lancar.

Pihaknya kata Sofyan di Gorontalo, Minggu melalui penyelenggara di tingkat kecamatan hingga desa terus menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap menjaga daerah agar kondusif hingga pemungutan dan penghitungan suara usai.

"Kita hindari gesekan-gesekan yang dapat mencederai demokrasi. Pilihan boleh beda, tapi cukup dalam hati saja sembari bertekad akan datang ke TPS tepat waktu untuk menggunakan hak pilih di hari pemungutan suara nanti pada 14 Februari 2024," katanya.

"Saat ini kita sementara menjalani masa tenang menuju hari pemungutan suara. Kita bersama-sama berupaya mewujudkan pemilu damai dan berkualitas," katanya.

Sofyan mengatakan pula jika hari ini sejak pukul 10 pagi, pihaknya mendampingi kunjungan Penjabat Gubernur Gorontalo yang memantau langsung kesiapan pelaksanaan pemilu di wilayah ini. Di antaranya menyaksikan proses penyegelan kotak suara yang segera didistribusikan.

Ia mengatakan hal penting yang dilaporkan pihaknya ke penjabat gubernur adalah proses penyegelan logistik yang telah dilakukan sejak 9 Februari, dipastikan rampung hari ini 11 Februari 2024.

Distribusi logistik pun telah siap dilakukan, dan KPU Gorontalo Utara telah menyusun jadwal distribusi yang akan dimulai pada 12 Februari 2024 di mulai dari kecamatan terjauh seperti Kecamatan Tolinggula yang ada di wilayah barat kabupaten.

"Kami telah meminta bantuan dari TNI dan Polri di Wilayah ini untuk membantu dalam proses pengamanan selama pendistribusian logistik Pemilu 2024," katanya.

Sofyan memastikan jika seluruh logistik pemilu sudah harus siap berada di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) pada H-1.

Sebanyak 2.060 kotak suara akan didistribusikan di 412 TPS di 123 desa tersebar di 11 kecamatan.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024