Empat tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melakukan pemungutan suara ulang Pemilu 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango Sutenty Lamuhu, Kamis mengatakan pemungutan suara ulang dilakukan setelah keluar hasil penelitian dan pemeriksaan oleh pengawas.

"Terdapat kejadian di mana pemilih yang seharusnya tidak mendapatkan hak pilihnya di TPS tersebut, melakukan hak pilihnya," ucap Sutenty.

Empat tempat pemungutan suara yang melakukan PSU yaitu TPS 08 di Kelurahan Padengo, TPS 06 dan TPS 08 di Desa Pauwo, serta TPS 02 di Desa Poowo Barat.

Ia menjelaskan, pada Pemilu 14 Februari 2024  ada warga yang datang untuk memilih di empat TPS tersebut namun tidak terdaftar dalam DPT maupun DPT tambahan, serta menggunakan KTP elektronik yang bukan alamat di TPS itu.

"Kasusnya sama, terdapat pemilih yang memang tidak bisa menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut tapi oleh KPPS itu dilayani seperti itu," ujar dia.

Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango berharap PSU yang digelar pada hari ini tidak akan mengubah atau mengurangi tingkat partisipasi warga yang menggunakan hak pilih di empat TPS itu.
Warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara usai mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 09 Pauwo, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis (22/2/2024). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024