Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo, menggelar jumpa media terkait informasi tentang proses seleksi calon anggota KPU yang baru untuk periode 2024 hingga 2029.

"Masyarakat perlu mengetahui tentang proses seleksi ini. Kami pun memerlukan peran media untuk menginformasikan kepada publik," kata Perwakilan KPU Kota Gorontalo Ramli Mahmud di Gorontalo, Jumat.

Pihaknya meyakini bahwa peran media sangat penting dalam ikut mengawasi dan memberikan masukan kepada tim seleksi.

Ramli mengatakan informasi yang beredar di ruang publik pun dapat berpengaruh pada jalannya proses seleksi.

Olehnya ia berharap media dapat berperan sebagai mitra dalam menyampaikan informasi khususnya kepada masyarakat Kota Gorontalo sehingga proses pemilihan anggota KPU dapat dilakukan dengan transparan dan akuntabel.

"Tugas kami adalah melahirkan orang-orang sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang tentunya memiliki integritas," katanya.

Pihaknya pun menyampaikan bahwa psiko tes sangat menentukan dalam seleksi tersebut.

"Mekanisme seleksi berbasis komputer (CAT) sehingga dapat diawasi langsung oleh masyarakat umum. Sementara untuk psiko tes akan dilaksanakan oleh pihak TNI," katanya.

Ramli mengatakan tujuan dari jumpa media adalah untuk mendapatkan dukungan serta masukan terkait proses seleksi tersebut, mengingat partisipasi aktif masyarakat sangatlah penting untuk menjaga integritas dan kredibilitas proses seleksi.

Dalam jumpa media tersebut, Komisi Pemilihan Umum menegaskan bahwa kewenangan-nya terbatas hanya pada verifikasi administrasi. Hal ini berarti ada kemungkinan calon anggota KPU dapat lolos tanpa melalui verifikasi faktual.

Ia mencontohkan ada calon anggota KPU yang berasal dari partai politik namun KPU tidak memiliki kewenangan untuk memverifikasi keanggotaan partai politik calon tersebut.

KPU hanya dapat memeriksa pengunduran diri resmi dari partai politik yang bersangkutan.

Anggota tim seleksi KPU Roy Hasiru menekankan pentingnya peran media sebagai kontrol sosial dalam setiap tahapan seleksi mulai dari administrasi hingga wawancara.

Roy berharap media dapat membantu KPU dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas selama proses seleksi berlangsung.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024