Kepala Perwakilan Bank Indonesia Dian Nugraha bersama Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hebitren melakukan penanaman bibit cabai rawit dan panen sayur di Pesantren Hubulo, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

"Pesantren Hubulo sejak tahun 2021 telah menjadi salah satu pesantren binaan BI Provinsi Gorontalo dalam rangka mendorong kemandirian ekonomi pesantren," ucap Dian Nugraha di Gorontalo, Sabtu.

Ia mengungkapkan bahwa cabai rawit sering menjadi komoditi utama penyumbang inflasi di Provinsi Gorontalo, oleh karena itu sangat penting menjaga ketersediaan stok cabai agar harga terus stabil.

Pada kunjungan ke pesantren tersebut, Bank Indonesia juga meresmikan rumah bibit hortikultura, dan bantuan irigasi darat yang dipadukan dengan pertanian digital ke Pesantren Hubulo. 

Pemberian bantuan tersebut dilakukan untuk mendorong agar pesantren Hubulo tidak hanya dapat memproduksi produk pertanian hortikultura secara mandiri namun juga dapat memberikan manfaat bagi perekonomian sekitar.

"Dengan bantuan rumah pembibitan dan digital farming ini diharapkan dapat menjadi salah satu pusat pembibitan dan lumbung cabai di Provinsi Gorontalo," harap Dian.

Penanaman cabai rawit, panen sayur dan penyerahan bantuan itu dirangkaikan dengan safari Ramadhan Bank Indonesia Gorontalo.

"Dalam safari Ramadhan kita mendatangi pesantren dan UMKM binaan Bank Indonesia dalam rangka pemantauan evaluasi program yang dirangkaikan kegiatan buka puasa bersama," ia menambahkan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024