Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO)  - Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, meningkat dalam dua minggu terakhir setelah kemunculan kawanan hiu paus di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila.

Pemilik dive centre "Go Scuba" dan penginapan di Kota Gorontalo, Noor Sitoresmi, Senin, mengatakan sejak 7-18 April pihaknya kebanjiran pengunjung yang ingin menyelam di Gorontalo.

"Malah sampai 8 Mei penginapan kami sudah penuh pesanan. Tujuan utamanya adalah hiu paus," katanya di Gorontalo.

Wisatawan tersebut, kata dia, berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bangka Belitung, dan Makassar dalam bentuk grup atau kelompok.

"Hiu ini membawa berkah termasuk bagi kami para penyedia jasa penginapan dan dive centre. Kebanyakan wisatawan yang saya bawa takjub setelah menikmati beberapa spot penyelaman dan kuliner khas di Gorontalo," tambahnya.

Sementara itu penyedia jasa selam lainnya, Cecep Nawai mengaku belakangan membawa banyak tamu asing maupun luar daerah ke kawasan wisata hiu paus.

"Tamu asing ada yang berasal dari Perancis dan Rumania. Sedangkan wisatawan domestik ada artis dan beberapa kru televisi nasional yang ingin mengambil gambar," jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kominfo Provinsi Gorontalo Jamal Nganro mengatakan wisata baru di daerah tersebut akan menarik banyak wisatawan asing.

"Saya berharap warga Botubarani membenahi kawasan ini dan melayani wisatawan dengan ramah. Dan yang penting adalah menjaga kebersihan pantai dan kenyamanan hiu," katanya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016