Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menghadiri puncak peringatan Festival Teluk Tomini (FTT), yang digelar di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara, Jumat.

Wakil Bupati Bone Bolango, Kilat Wartabone mengapresiasi festival itu karena bisa mengangkat potensi kemaritiman yang dimiliki daerah yang berbatasan langsung dengan Bone Bolango.

Wabup berharap ke depan ada kerja sama antara dua daerah itu, untuk memajukan pengelolaan sumber daya alam serta turut mensejahterakan masyarakat setempat.

"Kabupaten Bone Bolango dan Bolsel memiliki kesamaan, seperti halnya satu daratan dan satu garis pantai. Untuk itu kerja sama kedua daerah ini akan terus ditingkatkan, terutama mempromosikan objek-objek potensi yang menjadi ikon di dua daerah," katanya.

Potensi dan kekayaan alam di dua daerah itu tentunya berhubungan dengan potensi ekosistem bawah laut dan pesisir demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir.

Sebelumnya, Bupati Bolsel Herson Mayulu mengatakan Festival Teluk Tomini merupakan iven tahunan yang dilaksanakan pemkab setempat, yang bertujuan untuk memasarkan dan memperkenalkan potensi sektor pariwisata, kelautan hingga produk-produk lokal.

Kegiatan FTT sangat representatif untuk mempromosikan ikon daerah dan potensi kekayaan daerah, serta sebagai katalisator untuk membentuk dan mengubah `mindset` atau cara berpikir

masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan ekosistem dan habitat bawah laut.

"Jika masyarakat mampu menjaga habitat laut dengan baik, tentunya turut membantu meningkatkan produktifitas hasil perikana serta bisa menjadi objek kunjungan wisatawan untuk menyelam dan sebagainya," ujarnya.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016