Tiga kapal penumpang yaitu KM Sabuk Nusantara, KM Daraki Nusa dan KM Tilongkabila yang membawa pemilir tiba dan bersandar di Pelabuhan Gorontalo, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.
 
Perwira Jaga Posko Terpadu Kesyahbandaran Kelas III Gorontalo Yasir Hanapi, Selasa, mengatakan kapal KM Sabuk Nusantara membawa 472 penumpang, sementara kapal kedua yaitu KM Daraki Nusa 145 penumpang.
 
"Puncak arus balik di Pelabuhan Gorontalo sesuai prediksi kami terjadi pada hari ini. Lonjakan penumpang yang tiba dan berangkat di Pelabuhan Gorontalo itu cukup signifikan, berbeda dengan hari-hari sebelumnya," ucap dia.
 
Ia mengaku, sesuai dengan prediksi bahwa puncak arus mudik terjadi pada tanggal 8 April dan puncak arus balik pada 16 April.
 
"Hari ini sesuai jadwal ada tiga kapal yang tiba di sini," kata dia.
 
Kapal pertama KM Sabuk Nusantara dari Pelabuhan Banggai, kemudian KM Daraki Nusa dari Pelabuhan Bunta dan kapal KM Tilongkabila dari Bitung.
 
Ia mengatakan, untuk penumpang yang berangkat pada hari ini dengan kapal KM Sabuk Nusantara  387 orang. Untuk KM Daraki Nusa untuk sementara belum membuka loket tiket dan kapal Tilongkabila penjualan tiketnya secara daring.
 
"Untuk yang tiba hari ini baru dua kapal itu di kisaran 600-700 penumpang, rencananya Tilongkabila hanya sedikit karena dari Pelabuhan Bitung. Untuk keberangkatan ke Luwuk itu yang banyak," kata dia.
 
Menurutnya, pihak Kementerian Perhubungan sudah mengantisipasi untuk tidak mempercepat ataupun memperlambat datangnya kapal, jadi tetap sesuai jadwal. Hanya saat keberangkatan dipercepat ketika kapasitas penumpang itu sudah terpenuhi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024