Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut dibutuhkan kerja sama dan kerja bersama dari semua pihak untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Bawaslu dan komisi pemilihan umum (kpu) telah melaporkan kesiapan nya, dan seluruh daerah juga telah menyiapkan dana serta fasilitas," ucap Nelson Pomalingo di Gorontalo, Selasa.

Ia mengungkapkan jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo telah bersiap untuk pelaksanaan Pilkada, pada tahun 2023 yang lalu pihaknya telah menyiapkan dana Rp17 miliar dan pada tahun ini Rp30 miliar.

"Tahapan pilkada sudah diluncurkan, panitia pemilihan kecamatan (ppk) dan panitia pemungutan suara (pps) direkrut dan data pemilih disiapkan," kata Nelson.

Nelson juga menegaskan mengenai pentingnya netralitas aparatur sipil negara (ASN) pada pelaksanaan Pilkada serentak 2024 agar menjaga profesionalitas dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Menurut dia, netralitas ASN merupakan kunci untuk memastikan jalannya pemerintahan yang adil dan demokratis.

"Saya ingatkan kembali kepada seluruh ASN, untuk tetap netral dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis. Tugas kita adalah melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, bukan menjadi alat politik bagi pihak tertentu," tegas Nelson.

Bupati Gorontalo berharap agar proses Pilkada di Kabupaten Gorontalo dapat berlangsung dengan tertib dan lancar, tanpa mengganggu pelayanan publik. Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk turut mengawasi dan melaporkan jika ada indikasi ketidaknetralan ASN dalam proses Pilkada.

"Demi menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan, mari kita semua menjalankan peran masing-masing dengan penuh tanggung jawab dan netralitas," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024