Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Gorontalo siap menggelar karnaval perahu kuliner ikan pada Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Kami siap mengisi berbagai kegiatan pada festival yang mempromosikan Danau Limboto sebagai objek wisata dan bagian dari konservasi," ucap Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway di Gorontalo, Sabtu.

Ia menjelaskan, PKK Kabupaten Gorontalo ingin mengambil bagian dengan mengisi berbagai event, salah satunya kuliner yang menyajikan menu ikan yang ada di Danau Limboto, termasuk pangan bahan lokal.

"Karnaval perahu melintas di Danau Limboto, di perahu akan diisi dengan sajian berbagai jenis kuliner spesies ikan danau," kata Fory Naway.

Fory mengungkapkan, pada hari pelaksanaan FPDL pada mulai 22 Juni 2024 nanti, peserta dari kecamatan akan mengenakan pakaian adat sesuai dengan ciri khas wilayah masing-masing.

Ia menguraikan, jenis ikan yang ada di Danau Limboto diantaranya payangga, huluu, manggabai, kepiting, ikan gabus, mujair dan lainnya. 

"Kita kembalikan kecintaan terhadap sajian menu tradisional, budaya ini akan ditumbuhkan kembali dengan sasaran mencintai budaya Gorontalo," kata Fory.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo siap menggelar Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) yang merupakan salah satu Kharisma Event Nusantara pada 22-24 Juni 2024.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024