Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya pembangunan fasilitas pendukung di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, yang bertujuan untuk menunjang kebutuhan akomodasi, transportasi, dan konsumsi masyarakat.

Hal itu disampaikan Presiden dalam sambutannya pada acara peletakan batu pertama pembangunan PT Arena Graha Andalan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu.

"Kegiatan di Ibu Kota Nusantara ini meningkat sangat pesat, pesat sekali. Kita membutuhkan akomodasi, membutuhkan transportasi, membutuhkan fasilitas-fasilitas lainnya," ujar Presiden Jokowi di IKN, Kalimantan Timur, Rabu.

Kepala Negara menyoroti kebutuhan akan fasilitas akomodasi yang masih sulit ditemukan di kawasan IKN. Presiden pun mengapresiasi pembangunan Arena Botanica yang akan segera dimulai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Sampai sekarang kalau saya membawa rombongan 200 orang, 300 orang, tempatnya belum ada. Jadi saya sangat menghargai investasi yang akan dibangun ini, Arena Botanica dari Arena Group, yang kita harapkan untuk memacu agar menteri-menteri segera mau pindah ke sini," jelasnya.

Selain akomodasi, Presiden juga menyoroti kebutuhan fasilitas kuliner di kawasan IKN. Presiden menjelaskan bahwa menemukan tempat makan yang layak menjadi tantangan bagi masyarakat yang tinggal dan bekerja di IKN.

"Karena memang problem besar di sini kalau sudah mau makan siang, makan malam, kaya tadi malam, kita mau makan malam bawa chef dari Jakarta masak sendiri," ungkap Presiden.

Presiden Jokowi pun berharap pembangunan Arena Botanica, yang akan mengintegrasikan lima merek restoran ternama, diharapkan dapat mengatasi tantangan-tantangan tersebut.

"Saya sangat menghargai dari PT Arena Graha yang mengintegrasikan lima brand resto ternama di dalam satu kawasan, saya tadi melihat juga desain dari restoran sangat bagus sehingga nantinya Seribu Rasa, Penang Bistro, Greyhound Cafe, Maison Tatsuya dan Yakiniku bisa segera dibuka," ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menginstruksikan agar mempercepat penyelesaian proyek ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di IKN. Dengan adanya pembangunan Arena Botanica, fasilitas di IKN diharapkan makin lengkap dan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden tekankan pentingnya pembangunan fasilitas pendukung di IKN 
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024