Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memastikan kesehatan hewan kurban, sapi dan kambing, yang akan disembelih di daerah itu pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah.

"Pengecekan hewan kurban merupakan tanggung jawab semua pihak, untuk menyediakan hewan kurban yang sehat," ucap dia setelah meninjau pemeriksaan kesehatan sapi dan kambing kurban dilakukan dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo di Limboto, Kabupaten Gorontalo, Ahad.

Berdasarkan data, katanya, hewan kurban di Kabupaten Gorontalo pada tahun ini mencapai 3.207 ekor yang terdiri atas sapi dan kambing.

"Dalam rangka itu, maka salah satu persyaratan hewan yang akan dikurbankan, tentu harus sehat. Alhamdulillah untuk Kabupaten Gorontalo sudah ada tim kesehatan hewan ada dokter dan mantri hewan, dan mereka sudah menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Gorontalo," kata Nelson.

Bupati Gorontalo dua periode itu berharap, kegiatan seperti itu dilakukan secara berkelanjutan atau tidak hanya saat menghadapi Hari Raya Idul Adha.

"Pemeriksaan ini harus dilakukan terus-menerus, apalagi akan dibagikan kepada masyarakat, maka ini menjadi perhatian kita semua," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024