Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan petugas melakukan shalat Idul Adha 1445 Hijriah bersama di Masjid At Taubah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Senin.

Petugas Lapas dan Ketua Badan Takmirul Masjid Lapas Gorontalo Rusli Usman mengatakan shalat bersama pada Idul Adha merupakan salah satu bentuk program pembinaan mental, spiritual keagamaan bagi warga binaan.

"Shalat Idul Adha ini juga kita lakukan untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan dalam memaknai Idul Adha," ucap dia.

Ia menjelaskan, momentum Idul Adha merupakan salah satu kegiatan untuk menciptakan kebersamaan antarapetugas dan warga binaan pemasyarakatan.

Salah seorang warga binaan, Djamal M mengungkapkan rasa syukur dapat merayakan Idul Adha bersama petugas dan rekan lainnya dalam keadaan sehat.

Menurut Djamal, perayaan Idul Adha dapat memberikan semangat bagi warga binaan dalam menjalani masa hukuman di Lapas.

"Kami berharap keluarga yang berada di rumah tetap bersabar dan besar hari, dan insyaallah pada saatnya kami kembali, kami dapat berbaur kembali dengan masyarakat," harap Djamal.

Pada Idul Adha 1445 Hijriah, Lapas Kelas IIA Gorontalo menyiapkan sembilan ekor sapi dan dua ekor kambing untuk disembelih.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024