Pemerintah Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo bersama Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar UPT Kemenaker RI menggelar pelatihan berbasis kompetensi di gedung Bonebol Business Center (BBC).

Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli di Gorontalo Sabtu mengatakan, melalui pelatihan tersebut, sebanyak 96 peserta dapat memiliki kemampuan dan dapat meningkatkan perekonomian mereka dan daerah.

Berbagai pelatihan diberikan kepada peserta, seperti desain grafis muda, servis motor injeksi, penjahitan pakaian dengan mesin, asisten operator komputer, penata rias, dan pemasangan instalasi listrik.

"Kita mendorong semua lulusan pelatihan agar dapat berkompetisi dalam dunia kerja masing-masing," kata Merlan.

Ia berpesan kepada peserta agar rangkaian pelatihan tersebut dimanfaatkan dan dilaksanakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kompetensi masyarakat di Kabupaten Bone Bolango.

"Saya menganggap dan menilai bahwa pelaksanaan pelatihan sangat mulia, yakni menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing dalam rangka kontribusi lebih besar pada pembangunan ekonomi yang unggul," kata Merlan.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Bone Bolango Lukman A. Daud, menyebutkan bahwa kegiatan itu berasal dari DIPA BBPVP Makassar Kementerian Tenaga Kerja RI.

"Saya senantiasa menyampaikan kepada teman-teman BLK pelaksanaan kegiatan ini agar berlangsung dengan lancar, tepat sasaran dan berhasil guna. Dengan harapan bisa terserapnya tenaga kerja di pasar kerja yang ada yang semakin banyak dan semakin kompetitif," ujarnya.

Kepala Balai Latihan Kerja Kabupaten Bone Bolango, Yusman Dukalang menyampaikan jumlah peserta pelatihan sebanyak 96 orang.

Yusman menambahkan, selain menggunakan empat lokasi belajar di BBC, BLK Bone Bolango juga telah mendapatkan fasilitasi ruang belajar untuk penjahitan pakaian dengan mesin serta desain grafis muda dari SMK Negeri 1 Suwawa.

Semua peserta pelatihan juga telah dilindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan selama dua bulan, dan diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini mereka secara mandiri dapat menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan agar dapat terlindungi dari risiko kecelakaan dan risiko kematian.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024