Penjabat Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin di Gorontalo, Minggu menyebut pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 untuk calon anggota DPRD provinsi di daerah pemilihan (dapil) Gorontalo enam (6) berlangsung kondusif.

Sebanyak 863 tempat pemungutan suara (TPS) di dapil Gorontalo 6 Kabupaten Boalemo dan Pohuwato telah melakukan PSU untuk perolehan suara bagi calon anggota DPRD Provinsi Gorontalo.

PSU tersebut berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan nomor 125-01-08-29/ZPHPU.DPR-DPRD-XXII/2024, yang mengabulkan gugatan terkait pemenuhan gender pada pemilu sebelumnya.

"Saya meninjau langsung pelaksanaan PSU tersebut. Alhamdulillah seluruhnya mulai dari pemungutan suara hingga penghitungan dapat berjalan lancar dan kondusif," katanya.

Pemprov Gorontalo berharap suasana kondusif tersebut tetap terjaga hingga ada penetapan hasil PSU oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia pun mengimbau masyarakat di dapil tersebut baik yang ada di Kabupaten Boalemo maupun Pohuwato agar dapat bersatu menjaga keamanan dan ketertiban daerah.

"PSU sudah digelar dengan aman dan lancar. Kita berharap tidak ada lagi PSU dan seluruh elemen khususnya peserta pemilu dapat menerima hasilnya dengan baik," imbuhnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur sebut PSU daerah pemilihan Gorontalo enam kondusif

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024