Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango melalui Asisten I Djamaludin Wartabone mengharapkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat agar selalu siaga bencana.

"Tingginya intensitas hujan di Kabupaten Bone Bolango beberapa hari terakhir ini perlu diwaspadai. Apalagi wilayah Bone Bolango sebagian besar merupakan wilayah rawan bencana," kata Djamaludin belum lama ini.

Untuk itu pihaknya meminta BPBD Bone Bolango agar selalu siaga dengan senantiasa menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan jika terjadi hal-hal yang tidak diiinginkan.

"Jika terjadi sesuatu atau bencana segera melapor ke Bupati dan Wakil Bupati, serta Sekda selaku Kepala BPBD Bone Bolango," ujar Djamaludin saat memberikan arahan ke tim BPBD.

Pada kesempatan itu, Djamaludin mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh masyarakat Bone Bolango agar senantiasa berdoa sehingga dengan tingginya curah saat ini tidak membawa bencana apapun di daerah ini, baik itu bencana alam maupun bencana manusia.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Bone Bolango melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Usman Yunus mengatakan hingga saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan khususnya di wilayah-wilayah yang rawan terjadi

bencana, baik longsor ataupun banjir.

"Tim BPBD selalu melakukan pemantauan sebab cuaca beberapa hari belakangan ini intensitas curah hujan di daerah ini meningkat,makanya langkah antisipatif tetap dilakukan," tambahnya.

Beberapa daerah aliran sungai jika meluap selalu masuk ke pemukiman warga serta lahan pertanian, sehingga korban kerugian bisa saja terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Untuk itu lanjut Usman, bagi masyarakat Bone Bolango agar dapat melaporkan setiap kejadian ke aparat desa, kecamatan ataupun ke BPBD.

"Jika terjadi bencana segera menghubungi pemerintah desa dan kecamatan setempat atau langsung menghubungi BPBD Bone Bolango dengan nomor telpon atau HP 0823 4677 2198, kami selalu siaga dan waspada dengan segala peralatan yang dibutuhkan," tutupnya. 

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016