Pemerintah Kabupaten Gorontalo Haris menindaklanjuti laporan tumpukan sampah yang berada di tepi jalan Kelurahan Hutoo, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Setelah menerima laporan warga, saya bersama dinas terkait segera mengecek lokasi dan mengambil tindakan," ujar Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Haris Suparto Tome di Gorontalo, Ahad. 

Ia menjelaskan, sampah yang menumpuk itu menjadi perhatian serius, mengingat dampaknya terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

"Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama, dan kita tidak bisa membiarkan kondisi seperti ini terus berlarut," ujar dia.

Tumpukan sampah yang didominasi sampah rumah tangga dan sampah organik itu, menimbulkan bau tidak sedap dan dapat menjadi sumber penyakit. Sampah yang berserakan di sepanjang jalan juga mengganggu pemandangan dan dapat membahayakan pengguna jalan.

Guna mengatasi masalah itu, Haris Tome, menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup untuk segera membersihkan dan mengangkut sampah tersebut. Selain itu, juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait lainnya, untuk mencari solusi jangka panjang agar masalah sampah di wilayah itu teratasi.

Haris Tome mengimbau kepada masyarakat, untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

"Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, agar Kabupaten Gorontalo menjadi kota yang bersih dan sehat," ajak Haris Tome.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024