Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim dan Rektor Universitas Hasanudin Profesor Dwia Aries Tina Pulubuhu menandatangani nota kesepahaman untuk kerja sama pendidikan dan penelitian, Jumat.

Wagub berharap kerja sama itu akan mampu melahirkan aparatur yang berkualitas, profesional, dan andal dalam gerbong pemerintahan Provinsi Gorontalo.

"Kami memiliki obsesi untuk menyejajarkan Provinsi Gorontalo dengan provinsi lainnya yang telah maju di Indonesia. Mudah-mudahan itu bisa segera terealisasi dengan adanya kerja sama dengan Unhas," katanya.

Ia mengemukakan untuk memajukan dan menyelesaikan berbagai persoalan pembangunan daerah, perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan aparatur membutuhkan kontribusi perguruan tinggi, serta penelitian yang berhubungan langsung dengan hajat hidup masyarakat, jelasnya.

"UNHAS adalah universitas terkemuka di Indonesia timur yang kualitasnya tidak diragukan lagi sehingga kami mempercayakan kerja sama ini dengan mereka," imbuhnya.

Sementara itu Rektor UNHAS mengakui pihaknya telah memiliki hubungan dekat secara kelembagaan dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

"Banyak teman-teman civitas Unhas yang telah mengabdi untuk Gorontalo, seperti dalam pengembangan Fakultas Kedokteran di UNG dan sebelumnya sudah banyak kerja sama yang kami lakukan di Gorontalo," kata Dwia.

Penandatanganan MoU tersebut, lanjutnya, akan membuka banyak peluang lain seperti di bidang kesehatan, pertanian, perikanan dan kelautan, lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial politik.

"Pada intinya kami siap membantu untuk mengembangkan Provinsi Gorontalo yang berbasis kebutuhan lokal," tandasnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016