Bupati Bone Bolango Merlan Uloli meninjau kondisi korban dan lokasi terdampak banjir di Desa Bilungala, Kecamatan Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Selasa.

"Hingga saat ini, sejak kemarin kita sudah turun ke lokasi dan mempersiapkan hal-hal yang urgen yang dibutuhkan oleh masyarakat," ucap dia di Bone Bolango, Selasa.

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah menyediakan makanan siap saji dan tempat pengungsian di gedung pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) bagi warga yang rumahnya sudah tidak bisa ditempati karena terendam banjir.

Selain itu, melakukan pelayanan kesehatan, sedangkan mulai hari ini sudah dibuka dapur umum untuk menanggulangi kebutuhan makan dan minum warga yang terdampak banjir di Desa Bilungala.

"Banjir di sini cukup parah, tanggul-tanggul jebol sehingga banjir nya sampai pemukiman masyarakat. Semua terendam bahkan merusak alat-alat rumah tangga mereka, baik kursi, tempat tidur, maupun kasur dan lain sebagainya. Jadi memang membutuhkan penanganan yang serius dari kita semua," kata Merlan.

Pada Kamis (29/8), dirinya bersama jajaran Pemkab Bone Bolango dan dibantu unsur TNI dan Polri akan melakukan pembersihan berbagai sisa banjir di Desa Bilungala.

"Saya lihat banyak sekali batang pohon, sampah, dan semuanya bertebaran di jalan-jalan, di halaman rumah warga, itu akan kita bersihkan," ujar dia.

Pemkab Bone Bolango juga akan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga dan korban yang terdampak banjir.

"Kita akan menghadirkan dokter-dokter spesialis ke sini. Program Bunga Desa akan saya bawa di sini, tapi dengan konsep untuk menangani bencana," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024