Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo bersama TNI, Polri, PMI hingga masyarakat membersihkan material tanah, lumpur, batu dan kayu pascabanjir bandang yang menerjang Kecamatan Bone Pantai.

"Kerja bakti massal ini dilakukan melalui program Bunga Desa Peduli Bencana," ucap Bupati Bone Bolango Merlan Uloli di Gorontalo, Kamis.

Merlan pun turut memboyong satu unit alat berat untuk membantu membersihkan material-material besar seperti pepohonan dan batu besar yang menghambat jalannya saluran air di rumah warga.

Selanjutnya kata dia, pelayanan kesehatan pascabencana dengan melibatkan Dinas Kesehatan, RSUD Toto Kabila dan Puskesmas terdekat. Pada program itu Bupati menghadirkan sejumlah dokter spesialis untuk mengobati warga yang terdampak.

Setelah dibersihkan, pihaknya melakukan pengasapan atau fogging, dilanjutkan dengan asesmen pascabencana oleh Dinas PUPR, BPBD dan Bagian ULP. Serta trauma healing dari UMG dan Dinas Sosial serta program ASN Peduli berupa pemberian bantuan pakaian layak pakai hingga selimut yang dikoordinir masing-masing OPD.

"Kami juga mendirikan dapur umum untuk membantu menyediakan makanan siap saji kepada ratusan warga yang berada di tempat pengungsian dan rumah-rumah yang terdampak," kata dia.

Bupati perempuan pertama di Bone Bolango itu berharap, semua program yang dibawa untuk warga Bone Pantai tersebut dapat meringankan beban dan kesulitan yang dihadapi pada musibah tersebut.

"Alhamdulillah bisa kita bersama di Kecamatan Bone Pantai untuk membantu warga. Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama rakyat dalam suka maupun duka. Insya Allah apa yang kita lakukan hari ini bisa meringankan beban dan kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat," harap Bupati.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024