Paris, (Antara/Reuters) - Wales dan Polandia akhirnya mencapai perempat final Piala Eropa 2016 berkat kemenangan atas lawan-lawannya pada Sabtu malam.

Wales mampu menang tipis 1-0 atas sesama britiania, yakni Irlandia Utara, yang mereka dapatkan karena gol bunuh diri Gareth McAuley pada pertandingan yang berlangsung kurang menarik di Parc des Princes pada Sabtu.

Bek tengah McAuley mendorong umpan silang Gareth Bale ke gawangnya sendiri saat pertandingan sesama tim Britania itu hanya menyisakan 15 menit sebelum laga usai.

Irlandia Utara memiliki peluang terbaik mereka di babak pertama, ketika tembakan Stuart Dallas dapat ditepis kiper Wayne Hennessey.

Wales akan bermain melawan Belgia atau Hungaria, yang bertanding pada Minggu, untuk memperebutkan tempat di semifinal pada Jumat depan di Lille.

Sementara Polandia melaju ke babak perempat final usai mengalahkan Swiss dengan skor 5-4 melalui adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dan melewati perpanjangan waktu.

Granit Xhaka gagal mengeksekusi penalti kedua untuk Swiss ketika ia melepaskan tembakan yang melambung di atas mistar gawang.

Jakub Blaszczykowski membawa Polandia unggul enam menit sebelum turun minum ketika ia melepaskan bola di antara kaki Yann Sommer untuk menyelesaikan sebuah serangan balik yang mematikan.

Swiss mengambil kendali di babak kedua dengan Haris Seferovic menendang bola yang membentur mistar gawang.

Mereka menyamakan kedudukan di menit ke-82 dengan serangan yang luar biasa oleh Xherdan Shaqiri yang mencetak gol dengan tendangan dari tepi area penalti, gol kebobolan pertama Polandia di turnamen ini.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016