Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Sebanyak 300 pemudik berangkat dari Pelabuhan Gorontalo menggunakan KM Tilong Kabila yang merupakan kapal terakhir yang berangkat dari Gorontalo sebelum Lebaran 1437 Hijriah.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gorontalo, Rachmat Dalu di Gorontalo, Sabtu malam, mengatakan untuk KM Tilong Kabila merupakan kapal yang melayani rute pelayaran wilayah Indonesia Timur.

"Kali ini tidak ada kendala dalam pemberangkatan pemudik dari Pelabuhan Gorontalo," katanya.

Dia mengatakan, penumpang yang naik kurang lebih 300 orang dan meningkat dibanding tahun lalu dengan persentase sekitar 10 persen.

"Untuk kelengkapan navigasi yang kami periksa, tidak ada kendala baik di darat maupun kapal itu sendiri," ujar Rachmat.

Dan untuk harga tiket, Kepala KSOP Gorontalo mengatakan, tidak ada kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tanggal 8 Juni nanti, KM Sangiang akan kembali bersandar di pelabuhan Gorontalo. Sedangkan KM Tilong Kabila akan kembali bersandar dua minggu lagi setelah hari ini," tambahnya.

Sementara itu Kepala PT Pelindo Gorontalo, Jubliadi Patangke mengatakan, pada tahun ini pihaknya menambah fasilitas Pelabuhan Gorontalo dengan kapasitas 100 x 25 meter.

"Tujuan dari penambahan ini yaitu untuk mengantisipasi melonjaknya arus barang yang ada di Pelabuhan Gorontalo," ucapnya.

Dia juga menambahkan untuk mengantisipasi arus mudik 2016, PT Pelindo Gorontalo siap untuk mengantisipasi hal tersebut. 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016