Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Sebanyak 142 orang peserta Program Mudik Gratis yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan diberangkatkan Jumat (1/7), dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Kepala Kantor Perwakilan Pemprov Gorontalo di Jakarta, Iqbal menjelaskan bahwa untuk memberangkatkan peserta pihaknya telah menyiapkan dua titik berkumpul yang telah disepakati.

"Yang akan berangkat dari daerah Bandung berkumpul di rumahnya Sudirman Peju di Jalan Prof Ecyman No 30 Kota Bandung, Jawa Barat," katanya.

Sementara rombongan dari Jakarta, akan berkumpul langsung di terminal 1A bandara Internasional Soekarno Hatta.

Ia menambahkan untuk jadwal penerbangan, 87 pemudik dari Jakarta akan diberangkatkan Jumat pagi sekitar pukul 05.00 WIB, sementara 55 pemudik dari Bandung Jawa Barat akan berangkat pukul 13.10 WiB.

"Kami selaku perwakilan akan membantu proses perjalanan mereka dari lokasi ke bandara, serta proses chek in nanti," ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjelaskan bahwa program mudik gratis yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo hanya diperuntukan bagi warga Gorontalo yang ada di perantauan dan ekonominya lemah.

"Jadi warga Gorontalo yang ada di perantauan, dan kurang mampu untuk mudik berlebaran di Gorontalo, itu yang dibiayai pemerintah," katanya.

Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar program Mudik Gratis Tahun 2016 menjelang lebaran, bagi warga Gorontalo yang merantau di lima kota dan hendak kembali ke kampung halaman.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakam lima kota tersebut adalah Sorong, Jayapura, Jakarta, Bandung, Ternate dan Ambon dan akan diikuti 750 masyarakat Gorontalo di perantauan.

Peserta untuk wilayah Jakarta dan Bandung sebanyak 250 orang, Sorong dan Jayapura 300 orang, serta Ternate dan Ambon sebanyak 200 orang.

Pelayanan angkutan, kata dia, akan menggunakan pesawat udara untuk pemudik dari Jakarta dan Bandung, serta angkutan kapal laut dan darat bagi masyarakat rantau dari Sorong, Jayapura, Ternate dan Ambon.

Untuk Sorong dan Jayapura terdapat dua kali pemberangkatan masing-masing 18 Juni dan 2 Juli 2016, untuk Ternate dan Ambon diberangkatkan pada 30 Juni 2016.  

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016