Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menciptakan pemilih pemula yang paham demokrasi dengan menggelar kegiatan cerdas cermat demokrasi atau Student Democracy Competition.

Anggota KPU Kota Gorontalo Fadjrin Buhang di Gorontalo, Sabtu, mengatakan bahwa perwakilan siswa/siswi sekolah menengah atas (SMA) se-Kota Gorontalo mengikuti kegiatan tersebut.

"Sejumlah 64 siswa berkompetisi dengan menjawab soal-sial seputar kepemiluan dan demokrasi," katanya.

Fadjrin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan cara baru KPU untuk memberikan pendidikan politik melalui sosialisasi kepada pemilih pemula tentang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, khususnya di Kota Gorontalo.

Dengan memahami proses demokrasi dan kepemiluan sejak dini, dia berharap pelajar SMA dapat menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab.

Kegiatan ini, kata dia, tentunya menjadi hal yang menarik dan diminati pelajar. Hal itu terlihat dari semangat dan antusias mereka saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan oleh panitia pelaksana.

Melihat tingginya minat siswa/siswi tersebut, ke depan pihaknya akan mencoba menggelar kegiatan serupa dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pilkada.

"Dengan terciptanya pemilih pemula yang cerdas dan bertanggung jawab, saya berharap kualitas demokrasi di Kota Gorontalo juga makin meningkat," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024