Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo memberi penghargaan bagi pahlawan olahraga di daerah itu yaitu almarhum Harsono A. Taha alias Herson Taha.

Herson menerima penghargaan Piagam Pahlawan Olahraga dari Pemprov Gorontalo yang diserahkan langsung Penjabat (Pj) Gubernur Rudy Salahuddin ke isteri almarhum pada hari kelima malam penghiburan dan doa (takziah).

Pj Gubernur Rudy Salahuddin di Gorontalo, Kamis, mengatakan pihaknya menilai pelatih sekaligus mantan atlet sepak takraw itu telah memberikan kontribusi besar bagi olahraga Gorontalo dan Indonesia.

"Tidak terhitung lagi berapa medali emas yang beliau sumbangkan untuk bangsa dan negara baik di ajang PON, Sea Games, ASEAN Games, ISTAF Sepak Takraw World Cup. Beliau pahlawan bagi daerah ini dan rakyat Gorontalo bangga memilikinya," katanya.



Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo Wahyudin Katili mengatakan gubernur berpesan kepada pihak keluarga untuk sabar menghadapi musibah ini.

"Anak-anak almarhum yang juga punya bakat sepak takraw diminta konsisten berlatih untuk meneruskan kiprah almarhum," kata Wahyudin.

Herson Taha tutup usia saat bertugas sebagai pelatih di PON XXII Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) pekan kemarin.



Lebih istimewa lagi ia gugur usai mengantarkan anak asuhnya meraih medali emas untuk Gorontalo di cabang sepak takraw nomor quadran putra. Almarhum dikenal sebagai sosok yang bertalenta mencetak atlet-atlet berkualitas yang dibina di PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar).

Ia mampu menemukan bakat atlet dan mengembangkannya hingga meraih prestasi.

"Mudah-mudahan semangat ini bisa dilanjutkan oleh generasi penerusnya," ucap Wahyudin. 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Gorontalo beri penghargaan pahlawan olahraga pada Herson Taha

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024