Produsen obat AstraZeneca berkomitmen untuk mendukung pejuang kanker payudara dengan mengembangkan penelitian untuk pengobatan kanker metastasis Her2-Rendah (Her2-Low).


"Kami AstraZeneca berkomitmen untuk terus melakukan research untuk menemukan obat-obat untuk tumor-tumor yang mungkin belum ada harapan, dan dengan adanya campaign #AndHeartTogether ini salah satu bukti dari komitmen itu untuk kita mengenali kanker payudara metastasis Her-2 low," kata Head of Corporate Affairs AstraZeneca Indonesia Hoerry Satrio, pada talkshow "Mengenal Metastasis Her2-Low" di Jakarta, Kamis.

Hoerry mengatakan kampanye yang digaungkan AstraZeneca ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit kanker payudara HER2-Rendah mengingat bahwa ini merupakan konsep baru di Indonesia.

Di samping itu, rendahnya kesadaran masyarakat tentang kanker payudara, terus meningkatkan kejadian kanker payudara serta rendahnya pelaksanaan skrining kanker payudara juga menjadi landasan akan kampanye ini dan pemahaman diagnosis HER2-Rendah di kalangan pasien yang perlu dibangun.

HER2 adalah protein yang memacu pertumbuhan reseptor tirosin kinase yang diekspresikan pada permukaan berbagai jenis tumor, termasuk kanker payudara. Orang dengan kadar HER2 rendah dapat berupa HR+ (reseptor hormon positif) atau HR- (reseptor hormon negatif).

Pasien dengan tingkat ekspresi HER2 yang tinggi diklasifikasikan sebagai HER2-positif dan mewakili sekitar 15-20 persen dari seluruh kejadian kanker payudara. Secara historis, tumor yang tidak diklasifikasikan sebagai HER2-positif diklasifikasikan sebagai HER2-negatif.

“Ilmu sains untuk diagnosis Her2-Low ini di Indonesia baru banget, sebelumnya pilihan pengobatannya hanya kemoterapi sekarang dia punya harapan baru untuk opsi treatment,” katanya.

Pengobatan Trastuzumab Deruxtecan yang dikembangkan AstraZeneca untuk pengobatan kanker payudara Her2-Low sudah melalui semua proses uji coba dari FDA dan BPOM, sehingga sudah lolos semua persyaratan secara klinis, keamanan dan efikasi.

Untuk pasien yang masuk golongan kanker payudara metastasis Her2-Low, pengobatan ini sudah bisa diaplikasikan ke pasien dengan melakukan konsultasi ke dokter untuk menentukan penggunaan obat sesuai tipe kankernya.

Hoerry mengatakan ke depannya AstraZeneca mempunyai visi agar kanker bukan lagi jadi salah satu penyebab kematian tertinggi dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan untuk memberikan banyak manfaat bagi pasien.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: AstraZeneca kembangkan pengobatan dukung pejuang kanker payudara 

Pewarta: Fitra Ashari

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024