Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melanjutkan rangkaian lawatan Asia Tenggaranya ke Filipina untuk bertemu dengan Presiden Filipina Ferdinand "Bongbong" Romualdez Marcos Jr di Istana Malacanang, Manila, Jumat.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Jumat, menjelaskan lawatan ke Filipina itu merupakan bagian dari komitmen Menhan RI memperkuat kerja sama pertahanan di kawasan Asia Tenggara, serta untuk membangun kemitraan yang lebih strategis antara Indonesia dan Filipina.

Di Istana Malacanang, Menhan Prabowo mengatakan Filipina merupakan mitra strategis Indonesia khususnya di bidang pertahanan. Menhan RI juga memuji kepemimpinan Presiden Bongbong Marcos Jr yang mampu memposisikan Filipina sebagai salah satu negara yang diperhitungkan dunia di kawasan.

"Saya sangat terkesan dengan kepemimpinan Anda. Wawasan strategis Anda telah memajukan posisi Filipina di panggung global secara signifikan, menunjukkan kemajuan yang nyata dalam bidang politik, ekonomi, dan militer," kata Menhan RI ke Presiden Filipina sebagaimana dikutip dari siaran resmi Kemhan RI.

Dalam pertemuan yang sama, Menhan Prabowo juga memberikan apresiasi kepada Filipina atas keberhasilan-nya menjadi tuan rumah pertemuan Komite Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan (JDSCC) Ke-13 di Manila pada Juni 2024. "Kami berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam forum bilateral tahunan ini dan berharap dapat menjadi tuan rumah pertemuan JDSCC ke-14 di Indonesia pada 2025," sebut Menhan Prabowo.

Sementara itu, Presiden Filipina, dalam pertemuan itu, menyatakan Indonesia dan Filipina punya ikatan persahabatan yang dalam. "Saya yakin persahabatan ini akan semakin kuat pada tahun-tahun mendatang,” kata Presiden Filipina.
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (dua kanan kanan) berdiskusi dengan Presiden Filipina Ferdinand "Bongbong" Romualdez Marcos Jr. di Istana Malacanang, Manila, Jumat (20/9/2024). ANTARA/HO-Biro Humas Setjen Kemhan RI.


Dalam pertemuan itu, Presiden Bongbong Marcos Jr didampingi oleh jajaran menterinya, antara lain Menteri Luar Negeri Enrique Manalo, Sekretaris Eksekutif Lucas Bersamin, dan Menteri Pertahanan Gilberto Teodoro Jr Sementara itu, Menhan RI didampingi oleh orang dekatnya, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono.

Menhan Prabowo sejak pekan pertama bulan ini berkeliling ke negara-negara Asia Tenggara untuk bertemu dengan pimpinan negara dan menegaskan komitmen dia untuk melanjutkan kerja sama dan meningkatkan kemitraan dengan negara-negara tersebut.

Prabowo mengawali rangkaian lawatan Asia Tenggaranya itu pada pekan pertama September ke Brunei Darussalam, kemudian lanjut ke Laos, Kamboja, Malaysia, dan Vietnam. Dalam rangkaian perjalanannya itu, Prabowo juga sempat mampir ke Thailand, tetapi di sana dia menghadiri pertemuan informal dengan Perdana Menteri (PM) Thailand Paetongtarn Shinawatra dan ayahnya, yang juga PM Thailand periode 2001–2006 Thaksin Shinawatra.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menhan Prabowo lanjut melawat ke Filipina temui Bongbong Marcos Jr.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024